Jika kamu sekarang masih berstatus sebagai seorang nahasiswa maka pada artikel ini kami merekomendasikan pekerjaan sampingan yang tidak mengganggu waktu kuliahmu.

Mahasiswa terkenal dengan masalah keuangannya, ketika punya uang aktivitasnya sangat kentara apalagi sedang krisis moneter tambah kelihatan kelakuannya.

Untuk itu, 7 pekerjaan sampingan berikut bisa kamu coba agar dompetmu tepat terisi walau jatah uang dari orang tua telah habis.

Blogger atau Youtuber kerja sampingan mahasiswa
Blogger atau Youtuber?

Rekomendasi 7 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa


1. Youtuber


Menjadi seorang Youtuber bisa menghasilkan uang lho. Disana kamu cukup upload video hasil karyamu sendiri. Jika banyak yang nonton, kamu akan menghasilkan uang. Jangan upload video orang lain karena uangnya akan mengalir ke pemilik asli video tersebut. Jadi usahamu akan sia-sia saja.

Saran saya, upload video dengan topik viral. Kenapa? Karena pengunjung Youtube sangat banyak sehingga potensi video bisa viral sangat mungkin terjadi. Jika sekarang yang lagi viral adalah "presiden marah", maka kamu bisa membuat video yang berkaitan dengan hal tersebut. Kuncinya Fokus dan Konsisten.

2. Blogger


Blogger juga bisa menghasilkan uang. Bedanya dengan Youtube adalah blog dengan menulis sedangkan Youtube dengan upload video. Cukup bikin blog dan isi dengan tulisan yang banyak dicari orang. Kamu bisa buat blog dengan Wordpress, Blogspot, atau dengan yang lain. Perbanyak postinganmu, fokus, dan konsisten adalah kuncinya.

3. Penulis Lepas Online


Ini hampir sama dengan menjadi seorang blogger tapi ada perbedaannya. Blogger hanya mengisi blog miliknya dengan artikel bermanfaat sedangkan menjadi penulis lepas adalah menulis di blog orang lain.

Kamu bisa cari blog atau website yang membayar tukisan orang lain. Misalnya Idntimes, Jalantikus, UC news dan masih banyak lagi. Tertarik? Coba aja dulu.

4. Kerja paruh waktu


Kerja paruh waktu juga bisa menjadi alternatif lain untuk mendapatkan penghasilan ketika sedang menjadi seorang mahasiswa. Kamu bisa lamar kerja di tempat fotocopi, swalayan, di cafe atau yang lainnya.

Biasanya, tempat-tempat seperti itu membutuhkan karyawan tambahan pada hari hari tertentu, misalnya pada hari sabtu atau minggu.

5. Driver ojek online


Ojek online sekarang ini sudah tren sehingga kamu bisa ambil bagian dalam lingkungan tersebut. Untuk kamu yang punya kendaraan, kamu bisa alih fungsikan untuk dijadikan ojek online. Sistem kerjanya juga tidak mengganggu waktu kuliah.

6. Jasa ketik tugas


Rekomendasi pekerjaan sampingan buat mahasiswa berikutnya adalah dengan menyediakan jasa pengetikan.

Namanya mahasiswa pasti banyak tugas, dan juga akan banyak mahasiswa yang malas kerja tugas tersebut, apalagi itu adalah tugas yang diketik misal buat makalah, proposal, skripsi atau yang lain. Kamu bisa sediakan harga diskon agar kamu memiliki banyak pelanggan.

7. Guru Les Privat


Saya yakin, kamu sebagai mahasiswa pasti punya kemampuan atau skill. Hal ini, kamu bisa manfaatkan untuk dijadikan sebagai penghasil uang.

Jika kamu jago matematika, kamu bisa buka les matematika. Jika kamu jago mata pelajaran lainnya, maka kamu bisa manfaatkan itu. Jika kamu bisa tari-tarian, maka kamu pun bisa buka les tari-tarian. Manfaatkan skillmu.

Itulah 7 kerja sampingan yang cocok untuk mahasiswa karena tidak mengorbankan waktu kuliahnya. Bagaimana, tertarik? Jangan hanya "ya", tapi kerjakan sekarang.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama