Tidur merupakan aktivitas yang paling enak dilakukan. Namun ada waktu-waktu tertentu yang termasuk dalam kategori "waktu terlarang" untuk tidur. Waktu-waktu tersebut bahkan dalam agama Islam pun dilarang.

Maksud terlarang tersebut adalah karena ada dampak negatif yang bisa berdampak buruk pada kehidupan kita. Memang, tidur adalah hal yang paling enak dilakukan. Tubuh menjadi bugar, capek pun hilang. 5 waktu terlarang untuk tidur tersebut dijelaskan berikut.

Tidur nyenyak
Bangun Tidur

5 Waktu Terlarang untuk Tidur


1. Tidur Setelah Shalat Ashar


Waktu terlarang pertama yang tidak dianjurkan untuk tidur adalah setelah shalat Ashar. Biasanya kita akan merasa pusing ketika kita tidur di waktu tersebut. Rasulullah pun bersabda

Namun, larangan ini bukanlah sesuatu yang mutlak.

2. Tidur Sebelum Shalat Isya


Kebanyakan dari kita ketiduran ketika shalat Isya karena lelah kerja seharian. Rutinitas kita sehari-hari membuat kita capek pada malam hari, akhirnya shalat Isya terlewatkan.

Oleh karena itu, tidur sebelum shalat Isya termasuk salah satu waktu terlarang untuk tidur. Sebagaimana hadits Rasulullah

”Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam membenci tidur sebelum salat isya’ dan mengobrol setelahnya” (HR. Bukhari & Muslim)

3. Tidur Setelah Shalat Subuh


Bangun pada subuh hari sangat berat dikerjakan karena mata terasa berat untuk dibuka. Itulah mengapa shalat sunnah dua rakaat sebelum shalat subuh sangat besar pahalanya. Hal ini mungkin karena hanya orang dengan iman yang kuat yang bisa mengalahkan rasa ngantuknya.

Setelah shalat subuh pun mata masih sangat berat dan tidur pada waktu tersebut sangat enak dirasakan. Namun tidur setelah shalat subuh memiliki larangan. Rasulullah bersabda

"Apabila kamu telah selesai salat Subuh janganlah kamu tidur tanpa mencari rezeki." (HR. Thabrani)

4. Tidur Seharian Tanpa Udzur


Tidur seharian tanpa udzur maksudnya adalah tidur malas-malasan seharian karena berpikir tidak ada yang dikerjakan. Hal ini hanya membuat kita malas beraktivitas dan tidak produktif.

Bukankah masih banyak hal positif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang? Bukankah lebih baik kalau lagi rehat kerja diisi dengan berzikir kepada Allah, atau membaca Al Quran?

5. Tidur Setelah Makan


Sama seperti tidur seharian yang terasa sangat enak, tidur setelah makan juga terasa sangat enak karena kenyang mengundang rasa ngantuk.

Tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan karena banyak penyakit yang mengintai karena itu merupakan aktivitas yang tidak sehat.

Dari 5 waktu terlarang tersebut, waktu mana nih yang sering kamu lakukan untuk tidur?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama