Bermain game sekarang ini sudah menjadi hal biasa yang dilakukan, bukan hanya anak-anak yang kecanduan dengan praktek game tapi juga banyak orang tua yang menjadi korban dari permainan online ini. Saya katakan korban karena banyak orang tua yang kadang terlena dengan main game yang membuatnya lupa dengan kewajibannya.

Bukan hanya itu, seorang suami juga terkadang melalaikan kewajiban pada istrinya karena terlalu kecanduan dengan main game ini. Parahnya lagi, banyak anak yang sudah lupa kewajibannya pada orang tua. Sudah banyak orang tua yang saya saksikan mengeluh dengan anaknya yang sering minta uang demi untuk keperluan game.

Main game tidak salah, tapi manajemen atau cara mengatur waktunya yang salah dan masing banyak lagi. Oleh karena itu, ada 5 hal yang tidak boleh dilakukan pemain game, karena hal tersebut bisa merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

Bermain game
Bermain game

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Main Game yang Sering Kamu Lakukan


1. Lupa waktu


Lupa waktu sering sekali terjadi saat seseorang sedang main game. Perasaan ingin mengalahkan lawan dan ingin menang, ingin menyelesaikan semua rintangan dan levelnya, atau bahkan karena ingin menaikkan peringkat, membuat seseorang lupa waktu.

Hal ini terbukti tidak baik karena banyak orang yang bisa menjadi korban. Mungkin hal ini bukan masalah jika kamu bisa menjadi gamer pro, tapi jika kamu hanya menghabiskan waktu plus uang maka segera hentikan aktivitasmu tersebut.

2. Bermain curang


Hal apapun yang dilakukan, curang merupakan perbuatan yang mesti tidak boleh dilakukan. Dalam main game juga seharusnya bermain curang harus dihindari. Bermain curang hanya akan membuatmu dianggap tidak bisa dipercaya oleh orang lain.

3. Sering berkata kasar


Berkata kasar adalah hal yang tidak boleh dilakukan. Kamu bisa saja merugikan dirimu sendiri atau pun orang lain. Keseringan berkata kasar bisa saja terbawa-bawa ke lingkungan masyarakat. Hal ini ditakutkan, jangan sampai orang lain menganggapmu sebagai orang nakal dan jahat.

4. Meninggalkan permainan sebelum waktunya


Yang namanya permainan berkelompok pasti bermain dengan teman-teman sehingga tidak baik jika meninggalkan permainan sebelum waktunya atau keluar dari permainan dengan sesuka hati. Hal ini bisa membuatmu tidak lagi diajak bermain bersama dan kamu akan bernilai negatif di mata orang lain.

5. Teriak-teriak seperti orang gila


Dimanapun, teriak-teriak seperti orang gila seharusnya tidak dilakukan. Kamu hanya mengganggu orang lain. Banyak tuh gamer yang teriak-teriak seperti orang kelaparan karena saking serunya permainan yang sedang dimainkannya. Mohon maaf nih, poin ini agak kasar, tapi inilah kenyataannya. Banyak orang yang mengeluh dengan kelakuan buruk seperti ini.

Kalau kamu teriak-teriak di ruangan kedap suara mungkin tidak masalah, tapi hal yang sering ditemukan malah teriak-teriak di samping rumahnya orang.

Mohon pengertiannya wahai gamer Indonesia.

Itulah 5 hal yang seharusnya tidak dilakukan saat main game karena bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain. Nomor berapa yang sering kamu lakukan?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama