Memiliki mental baja atau bermental kuat itu sangat penting karena jika kita dihadapkan pada suatu masalah, mental juga harus siap menghadapi itu. Tidak semua orang memiliki fisik yang kuat lho, begitupun dengan mental. Tidak semua orang memiliki mental yang kuat. Oleh karena itu, jika dalam dirimu ada 5 ciri berikut berarti kamu termasuk orang yang bermental baja.

Bermental kuat baja
Berjabat tangan

5 Ciri Kamu Bermental Kuat


1. Tidak lelah berbuat baik


Mungkin kamu berpikir jika tidak baik selalu berbuat baik karena akan mudah dimanfaatkan orang. Jika kamu berpikir demikian maka kamu salah besar karena tidak ada berbuatan baik yang sia-sia. Oleh karena itu, jangan pernah lelah berbuat baik karena itu termasuk ciri orang yang bermental baja. Saya yakin kamu pun termasuk.

2. Bisa menerima kegagalan dengan ikhlas


Kegagalan itu menjengkelkan, sehingga setiap orang menginginkan situasi yang bisa ia kendalikan, berusaha membuat kendali atas segala sesuatu yang terjadi. Nah, jika kegagalan itu bisa kamu terima dengan ikhlas dan lapang dada maka kamu termasuk orang yang bermental kuat.

3. Selalu berusaha untuk mandiri


Kita adalah makhluk sosial yang selalu membutuhkan bantuan bahkan ejekan orang lain untuk menjadi lebih baik lagi. Walaupun begitu tetapi bukan berarti apapun yang kita lakukan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Ada kalanya dan ada saatnya kita hanya bisa mengandalkan kemampuan kita sendiri untuk menyelesaikan semuanya. Oleh karena itu, berusaha untuk selalu mandiri sangat penting dilakukan.

4. Kamu bisa melihat sisi positif suatu masalah


Masalah tidak serta merta membuat kita dalam situasi yang buruk. Biarpun masalah yang belum ditemukan solusinya sekalipun pasti memiliki sisi positif yang bisa diambil hikmahnya. Jika kamu bisa melihat sisi positif dari setiap permasalahan yang menimpamu maka kamu termasuk orang yang bermental baja.

5. Menjadikan kesalahan sebagai pelajaran berharga


Jika pengalaman adalah guru berharga dalam hidup maka kesalahan pun termasuk di dalamnya. Siapa yang bisa sabar menghadapi setiap kesalahan maka itu bisa membuat mentalnya menjadi lebih kuat. Oleh karena itu, bila kamu termasuk orang yang menjadikan kesalahan sebagai pelajaran berharga maka kamu adalah orang yang bermental kuat.

Dari 5 ciri orang yang bermental kuat tersebut, ciri pada nomor berapa saja yang ada pada dirimu?

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama